Alat Musik Rindik yang Menenangkan Jiwa

Bali memang terkenal dengan budayanya yang khas dan unik. Salah satunya adalah Rindik. Namun, banyak orang yang masih belum mengenal rindik. Alunan nya yang merdu dan sangat khas ini menghasilkan nada-nada salendro yang bernada tinggi serta irama yang sangat cepat temponya seakan membuat merasuki jiwa pendengarnya. Alat music yang berasal dari pulau Bali ini pasti akan mengundang siapapun yang datang untuk berhenti sejenak menikmati alunan music ini. 

Mengenal Lebih Jauh Alat Musik Tradisional Bali Rindik

  • Asal Mula Alat Musik Rindik

Asal mula Rindik ini berawal dari sejarah yang cukup panjang yaitu tidak lepas saat runtuhnya Kerajaan besar di Pulau Jawa yaitu Kerajaan Majapahit diakibatkan karena adanya serangan pemberontakan di Kerajaan Majapahit. Akibat dari serangan tersebut, alat-alat music yang ada di Majapahit yang berfungsi sebagian senjata banyak yang tertinggal. Maka kemudian diungsikan ke Pulau Bali. Saat di Bali, mereka kesulitan untuk menyusun ulang alat music tersebut hingga akhirnya rusak dan berubah posisi. Kemudian alat music tersebut ditata ulang dan jadilah alat music rindik. Karena ditemukan di Bali, maka Rindik ini pun menjadi alat music tradisional Pulau Bali.

  • Cara Memainkan Rindik

Rindik dimainkan dengan cara dipukul. Rindik disusun secara berpasang-pasangan namun memiliki nada yang berbeda-beda sama hal nya seperti alat music bali yang lainnya. Rindik sendiri dimainkan dengan dua sampai tiga pemukul. Satu di tangan sebelah kiri dan 2 di sebelah kanan atau sebaliknya. Biasanya alunan nada akan tercipta dari rindik yang dipukul oleh tangan kiri sedangkan tangan kanan akan memainkan nada untuk mengiringi melodi di sebelah kiri. Dalam satu rangkaian alat music rindik biasanya dimainkan oleh dua sampau lima orang sambil diiringi oleh seruling dan gong pulu. Cukup sulit untuk memainkan rindik, karena memainkannya harus menggunakan dua tangan sekaligus dan dibutuhkan keahlian khusus dalam memainkannya.

  • Rindik digunakan untuk menghibur petani

Pada jaman dahulu, alat music rindik ini dimainkan untung menghibur para petani yang berada disawah. Suara yang dihasilkan rindik berupa dengungan suara halus yang apat mengundang angin berhembus di sawah. Selain itu, rindik juga digunakan sebagai hiburan rakyat. Namun, di jaman yang telah modern, saat ini rindik biasa digunakan untuk pelengkap music pada saat pesta pernikahan, festival budaya acara resmi lainnya bahkan untuk menyambut tamu negara.

  • Suara yang dihasilkan oleh Rindik

Rindik memiliki bentuk yang unik menyerupai gamelan, namun yang membedakan adalah rindik terbuat dari bambu bukan logam seperti gamelan. Rindik memiliki lima buah tangga nada yang membuat alat music ini berjenis salendro. Alat music tradisional ini juga lebih fleksible saat dikolaborasinya dengan instrument music lain, seperti jazz. Tak ayal, para pemain music dengan genre jazz sering menggunakan gabungan dari rindik dalam komposisi musiknya. Dan tidak perlu diragukan lagi, lantunan merdu dan easy listen ini tercipta dari alat music ini. 
Sebagai salah satu destinasi pariwisata, Bali memiliki banyak tempat indah untuk dikunjungi. Sama halnya dengan kebudayaan yang masih kental disana. Termasuk salah satunya adalah alat music rindik yang menghasilkan lantunan suara merdu yang dapat mengundang turis-turis baik local maupun domestic untuk datang dan menikmatinya. Maka, kita sebagai generasi selanjutnya disamping menikmati alunan music nya kita juga perlu melestarikan salah satu ragam budaya Indonesia ini.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*