Manfaat Musik Bagi Ibu Hamil untuk Perkembangan Janin

Ibu hamil membutuhkan dukungan agar mampu dan siap menghadapi proses persalinan. Bagi yang baru pertama kali hamil, mereka akan menunjukkan kekhawatiran yang berlebih. Kondisi ini bisa berbahaya jika tidak ditangani dengan tepat. Sebaliknya, dukungan keluarga dan suami sangat penting. Perkembangan janin harus dalam lingkungan kondusif sehingga menjaga sang ibu dari gangguan adalah langkah efektif. Salah satu ide yang mulai diterapkan adalah musik. Beberapa manfaat musik bagi ibu hamil dapat dipertimbangkan.

Musik dan ibu hamil

Pembahasan mengenai manfaat musik bagi ibu hamil adalah topik menarik. Banyak yang berpendapat musik membantu janin menjadi cerdas. Otak akan menangkap rangsangan suara lalu mendukung perkembangan saraf yang menyusun kecerdasan. Selain itu, banyak pula artikel yang menjelaskan mengapa musik bermanfaat ketika didengarkan oleh ibu hamil. 

Hingga saat ini, penelitian mengenai hal tersebut masih belum meyakinkan. Masih butuh waktu panjang untuk mendapatkan kesimpulan kalau musik dapat meningkatkan kecerdasan otak. Namun, beberapa penelitian awal menunjukkan hasil yang signifikan dan positif. Manfaat tidak harus terjadi secara langsung tetapi dapat pula secara bertahap. Selain itu, penelitian memiliki keterbatasan karena belum mampu menunjukan musik seperti apa yang cocok. Hingga kini, genre klasik dan jazz masih menjadi peringkat atas ketika ibu hamil ingin mendengarkan musik.

  • Menenangkan pikiran dan relaksasi

Ketika membahas manfaat musik bagi ibu hamil, subjek utama adalah sang ibu. Secara singkat, mendengarkan musik adalah bagian dari usaha untuk menenangkan diri. Bayangkan saja kondisi tidak tentu dan cemas karena hamil. Setiap hari khawatir dengan kondisi janin. Kecemasan berlebih adalah umum terjadi bagi ibu hamil. Cara untuk mengatasinya adalah musik sebab mudah dan murah. 

Musik juga penting untuk relaksasi. Saat ini, sudah ada layanan relaksasi dan massage untuk ibu hamil. Tentu saja, ruangan akan terisi dengan dekorasi yang relaks ditambah dengan musik yang menenangkan. Ibu hamil dapat merebahkan diri dan memikirkan ketenangan untuk membuang jauh kecemasan akibat hamil. Genre musik untuk kebutuhan relaksasi biasanya sudah ditentukan. Inilah manfaat musik yang paling mudah dan nyata bagi ibu hamil. Jadi, sang ibu mendengarkan musik lalu menjadi tenang hingga janin sehat.

  • Perkembangan organ pendengaran janin

Manfaat musik bagi ibu hamil lainnya adalah sangat membantu untuk perkembangan organ pendengaran. Musik berasal dari getaran suara yang ritmis dan teratur. Penelitian menunjukkan organ dengar janin terbentuk bertahap dan mulai mampu menunjukkan reaksi ketika mendengar sesuatu. Sebenarnya, janin sendiri berada dalam ruang yang bising. Perut ibu tidak akan pernah sepi karena banyak suara. Pencernaan, peredaran darah, dan pernapasan menimbulkan suara internal. Selain itu, ibu sendiri berbicara juga menambah suara tersebut. Inilah alasan mengapa ibu hamil harus menjaga ucapan dan perkataan. Apapun yang dibicarakan akan terdengar oleh bayi bahkan menjadi sumber suara utama
Tidak ada batasan genre musik untuk ibu hamil jika sang ibu sendiri yang akan mendengarkan. Sebaliknya, musik yang tenang sangat dianjurkan jika ingin menenangkan jiwa. Ibu hamil punya preferensi musik pribadi bahkan mungkin suka musik cadas. Tidak ada yang salah selama masih dalam batas wajar yaitu didengarkan dengan headset langsung ke telinga. Hindari musik dengan dentuman kencang dari speaker karena mengganggu kondisi janin. Inilah salah satu pembahasan yang penting untuk manfaat musik bagi ibu hamil.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*